I'm fine baby, how are you? -@adieluthfi

Kamis, 02 Mei 2013

Seven Steps to Save The Earth

7 langkah kecil untuk selamatkan bumi


Setiap hari tanpa kita sadari, ternyata bumi ini semakin buruk dan semakin parah saja. Bagaimana tidak? Fenomena alam yang terjadi saat ini telah menandakan bahwa bumi kita sudah semakin buruk keadaannya. Tidak akan ada banjir jika tidak ada yang membuang sampah di sungai, tidak akan ada longsor jika tidak ada penebangan pohon di hutan secara liar dan besar besaran dengan tanpa adanya reboisasi. Kita sebagai manusia yang tinggal di bumi, pastinya sudah menyadari bahwa bumi kita sudah berbeda. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menyembuhkan bumi kita yang sedang sakit? Jika bumi ini semakin buruk dan semakin parah keadaannya, bagaimana nasib cucu-cucu kita di masa mendatang nanti. Jangan tinggal diam! Segeralah lakukan hal-hal kecil positif yang berdampak besar bagi bumi kita. JIka bukan kita yang menjaga rumah tempat tinggal kita, siapa lagi? Dan ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk selamatkan bumi kita.


1. Yuk biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan untuk membantu menyelamatkan bumi. Selain itu, biasakan juga untuk memisahkan sampah organik dan unorganik sejak dini. Untuk mengurangi jumlah sampah plastik, yuk! mulai sekarang biasakan membawa tas belanja sendiri dari rumah, membawa botol minum sendiri dari rumah, memanfaatkan kembali barang barang bekas yang masih bisa dipakai. Dengan kamu membawa tas belanja sendiri dari rumah, ternyata kamu sudah menghemat penggunaan plastik. Dan membawa botol minum sendiri, ternyata kamu sudah ikut membantu mengurangi sampah sampah botol setiap harinya. Tidak sulit, mulailah segala sesuatu ini dari diri kita sendiri.

Penanaman pohon untuk Hutan Kota di Kampus
2. Yuk! kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Dengan kamu menggunakan kendaraan umum yang sudah di sediakan oleh pemerintah, setidaknya kamu telah ikut mengurangi jumlah kendaraan bermotor dan pastinya mengurangi CO2 yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Nah, jika ingin pergi ke suatu tempat yang memang jaraknya tidak begitu jauh bahkan dekat, lebih baik menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Selain lebih sehat, juga ramah lingkungan. Ternyata efek dari asap kendaraan bermotor itu banyak sekali, selain merusak lapisan ozon dan mengganggu proses fotosintesis bagi tumbuhan, asap ini dapat mengganggu sistem pernafasan bagi manusia. 

3. Lakukan penghijauan! salah satu usaha yang sangat membantu untuk menyelamatkan bumi. Hal paling mudah yang bisa kalian lakukan adalah, tanamlah pohon di pekarangan rumah kalian. Selain nilai estetika yang kalian dapat, juga kalian telah membantu menyerap gas CO2 di udara. Lakukanlah aksi penghijauan di sekolah, kampus, atau pun di kantor kamu. Sederhana, ajaklah semua teman dan guru untuk melakukan kegiatan seperti ini. Minimal lakukan penghijauan di sekitar kalian. Bantu pemerintah dalam menjaga hutan, dengan apa? Dengan melaporkan jika memang ada kegiatan penebangan hutan secara liar. Reboisasi hutan yang gundul memang salah salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan fungsi hutan sebagai paru-paru bumi.

4. Gunakanlah barang barang yang ramah lingkungan dan bebas dari CFC. CFC adalah singkatan dari clorofluorocarbon, biasanya CFC ini ada pada lemari es/kulkas. CFC merupakan salah satu yang ikut menyumbang rusaknya lapisan ozon.

5. Ini adalah salah satu yang tanpa kita sadari juga ikut serta dalam rusaknya lapisan ozon. Rokok! Asap yang dihasilkan rokok mengandung ribuan bahan kimia, tidak hanya mencemari udara tetapi juga dalam jangka panjang asap rokok juga andil dalam membuat lapisan ozon semakin menipis. Tidak hanya asapnya, ternyata abu yang dihasilkan rokok, ketika dibuang ke tanah butuh puluhan tahun untuk tanah menguraikan abu tersebut. Sudah buruk bagi kesehatan juga buruk bagi lingkungan. Jadi, hindari rokok mulai dari sekarang.

6. Hemat air! Hemat listrik. Gunakan air dan listrik secara bijak. Kita sadar bahwa air bersih sekarang sulit di dapatkan khususnya di kota-kota besar. Matikan segala barang elektronik yang tidak dipakai, agar tidak terjadi pemborosan listrik.

7. Gunakan kembali barang barang bekas yang masih bisa dipakai, dengan begitu kalian sudah mengurangi sampah barang bekas. Mendaur ulang kertas, kertas kertas koran yang mungkin sudah tidak dipakai lagi, bisa di daur ulang. 

Do you care about your planet??
Let's save our earth!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar