I'm fine baby, how are you? -@adieluthfi

Minggu, 29 Desember 2013

Tips Liburan Gaul

Haloooo mucoser! Long time no see ya. Alhamdulillah bisa nulis lagi, setelah diterjang tugas – tugas kuliah yang berusaha untuk menjatuhkan dan merenggut waktu leyeh – leyeh ganteng gue. Oke, kali ini gue bakal ngasih sedikit tips buat lo semua yang mau pada liburan atau berpergian jauh. Nih dsimak, dipahami, diresapi ya mucos~ Ketika lo mau liburan atau berpergian jauh, sebaiknya lo baca ini dulu! Penting, lebih penting dari pada mikirin masa lalu.

  1. Pertama! lo harus ada niatan untuk liburan. Iyalah, kalo engga niat liburan ngga usah pusing pusing mikirin lo harus kemana, naik apa, sama siapa, bawa duit berapa. Itu! yang pertama dan yang paling penting adalah lo harus punya niatan liburan. Udah niat? Oke, lanjut ke tips selanjutnya.
  2. Pilih tempat liburan mana yang bakal lo kunjungin, iyadong. Jangan kaya orang yang tanpa arah tanpa tujuan dan tak tau arah jalan pulang. Pilih tempat liburan sesuai dengan isi dompet lo saat ini, inget! saat ini, bukan kemaren waktu lo dapet THR dari lebaran. 
  3. Setelah lo tentuin tempat liburan yang sesuai dengan kocek di kantong, sekarang lo tentuin lo mau pergi sama siapa? Kalo pergi sama keluarga, santai aja.. Yakali, masih ditanggung ongkosnya. Kalo pergi sama temen, cari temen yang mau diajak susah dijalan. Hahahaha~ jangan yang sekali capek minta gendong. Kalo pergi sama pacar, eh jangan sama pacar! LO SINGLE! TAU DIRI..
  4. Keempat, ini penting. Pilih transportasi apa yang mau lo pake buat liburan, motor, bis, mobil pribadi, kereta api, pesawat, kapal laut, atau jalan kaki. Pilih sesuai kocek dan tempat wisata yang lo tuju. Kalo backpacker-an, usahakan cari yang paling murah transportasinya. 
  5. Kalo lo mau pergi ke luar kota, usahakan lo udah tau gimana keadaan kota yang lo mau kunjungi saat ini. Minimal cari cari informasi seputar kota yang mau lo kunjungi di google, atau tanya tanya temen, apa bikin status di facebook gitu kali aja ada yang comment. Pokoknya cari tau lebih banyak informasi informasi dari kota tersebut, kalo lo emang dasarnya udah sering / tau tempatnya, yaudah santai aja. Tapi biasanya kan kita kalo liburan itu pengen sesuatu yang baru gitu kan, ngga mau yang mainstream.
  6. Keenam! lo buat rencana, kira kira mau berapa hari lo liburan di luar kota. Sehari, dua hari, tiga hari, apa 3 tahun, Yakali! liburan apa garansi motor. Kalo lo udah punya rencana liburan berapa hari, sekarang yang terpenting adalah.. Lo disana mau tinggal dimana? mau tidur dimana? mau istirahat dimana? Oke kalo lo punya sanak sodara di kota yang bakal lo kunjungin, kalo engga? Ujung - ujungnya juga pasti cari tempat penginapan. Sekali lagi nih, kalo lo liburan ala Backpacker, cari penginapan yang paling muraaaaaaaahh.. Bisa hotel, motel, wisma, tapi jangan di tempat ibadah ya. Boleh sih kalo cuma buat istirahat di siang hari, asal jangan dipake bermalam :). Cari tempat penginapan yang jaraknya ngga terlalu jauh dari tempat wisata yang bakal lo kunjungin. Tapi jangan terlalu deket juga ya, biasanya hotel yang dekat dengan tempat wisata itu MAHAL. Carilah yang bisa dipake jalan kaki atau naik mobil cuma beberapa menit dari hotel menuju tempat wisata. 
  7. Bawalah barang - barang secukupnya, seperti pakaian, makanan ringan, obat - obatan, camera, power bank perlu banget hahah, bawa peta juga buat yang belum begitu paham dengan kota yang bakal lo kunjungin. Sekarang sih jamannya gadget canggih ya, petanya udah ada di handphone atau tab. Ya kalo lo beralangganan, iya kalo batrenya ada, kalo engga? bawa aja cadangan peta. Untung untung peta wisata yang udah ngasih lo informasi secara detail semua lokasi / tempat wisatanya.
  8. Bawa uang ya :') INI PENTING BANGET LOH.. lebih penting dari dia yang ngga pernah ngabarin kamu siang malem. Bawa uang secukupnya, jangan terlalu banyak menyimpan uang di dompet. Kalo bisa siapin duit receh, uang lebih biar disimpen di ATM aja. Cari aman~
  9. Jangan jajan sembarangan sewaktu di perjalanan, jangan mudah percaya sama orang asing apalagi sama dia yang udah sering bohongin kamu :| Kalo ngga tau apa apa, jangan sungkan sungkan untuk bertanya. Kalo nyetir mobil, capek, cari rest area. Jangan kebut - kebutan dijalan, kalo naik motor pake helm, kalo bawa mobil pake safety belt, kalo naik pesawat salamin ya buat mba mba pramugarinya :') 
  10. Ini terakhir, jangan pakai perhiasan yang berlebihan. Hati hati dengan barang bawaan, jangan sembarangan naroh tas, jangan coba coba memberi kesempatan orang yang tidak baik untuk berbuat yang tidak baik, apalagi ngasih dia kesempatan kedua padahal jelas jelas dia ngga baik buat kamu -_-. Hati - hati juga ketika berada di tempat wisata, apalagi yang rawan kejahatan dan kejailan tangan tangan kotor. Pokoknya selama liburan, jaga kesehatan, jangan lupa sholat, dan jangan lupa kabarin orang - orang yang lo sayang :') jangan buat mereka khawatir. Oke!

Itu tadi 10 tips buat lo semua yang berencana liburan / berpergian jauh. Dipake ya, diterapkan, semoga berguna buat aku, kamu, kita, dan anak - anak kita nanti. Alahhh! Semoga tipsnya berguna ya mucoser~ makasih :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar